Recent Posts

Sabtu, 03 Maret 2012

Stonehenge

Stonehenge adalah sebuah monumen peninggalan masa Neolitikum yang berada di wilayah Inggris. Monumen ini terdiri dari barisan batu berukuran raksasa yang membentuk lingkaran. Di bagian atasnya diletakan balok-balok batu lain yang juga berukuran raksasa. Diperkirakan orang membangun monumen ini antara tahun 2.500 SM dan 2.000 SM. Menariknya, orang sering bertanya-tanya, bagaimana manusia yang hidup 4.000 tahun lalu bisa membuat bangunan dari batu tersebut.

Dibangun selama 1.497.680 hari
Hingga saat ini belum diketahui secara pasti bagaimana cara orang mendirikan bangunan ini. Namun ada sejumlah perkiraan mengenai hal tersebut, misalnya waktu yang diperlukan untuk mendirikan Stonehenge diperkirakan mencapai 1.497.680 hari. Sebab-sebab kerusakan dari monumen ini juga tidak diketahui secara pasti. Namun diperkirakan hal itu dikarenakan faktor alamiah, peperangan, atau ditinggalkan begitu saja oleh para pembuatnya.

Tetap misterius
Stonehenge memang masih menjadi misteri. Kegunaan bangunan ini secara pasti jadi perdebatan para ahli. Ada yang mengatakan bangunan ini dibuat sebagai tempat pemujaan agama-agama kuno. Namun ada juga teori yang menyebutkan bahwa monumen yang dibangun selama 25 generasi ini dibuat untuk memprediksi pergantian musim.

0 komentar:

Posting Komentar