Recent Posts

Sabtu, 03 Maret 2012

Piramida Giza

Piramida Giza diperkirakan dibangun pada tahun 2590-2570 SM. Bangunan ini dibuat sebagai makam Raja Khufu. Sekarang, bangunan ini masih bisa dilihat di pinggiran Kairo tepatnya di tepian sungai Nil. Karya arsitek Hemon ini sangat terkenal. Hingga memasuki abad 19, Piramida Giza tercatat sebagai bangunan tertinggi di dunia. Menariknya, hingga kini bangunan ini merupakan satu-satunya Keajaiban dunia masa lampau yang masih bisa dilihat secara utuh.

Tenaga manusia

Tinggi Piramida Giza mencapai 147 meter. Sedangkan luas bagian bawah bangunan ini adalah 230x230 meter. Piramida Giza ini tersusun dari sekitar 2,3 juta balok batu yang masing-masing beratnya dua hingga empat ton. Batu batu ini dibawa dengan tenaga manusia.

Mumi, agar jiwa raja tenang

Mumi adalah jenazah yang diawetkan. Sebelum diawetkan, organ tubuh bagian dalam dikeluarkan dan disimpan dalam tempat khusus. Baru kemudian bagian tubuh luar mengalami proses menjadi mumi. Mumifikasi ini membutuhkan waktu sekitar 70 hari. Jenazah yang telah diawetkan disimpan dalam tempat bernama sarchopagus. Mumi raja diawetkan karena orang Mesir kuno percaya cara ini akan membuat jiwa sang raja tetap hidup dan mengalami ketenangan di alam baka.

FAKTA MENARIK

  • Di dalam Piramida Giza sama sekali tidak terdapat hieroglyphic atau tulisan lain.
  • Didalam Piramida Giza terdapat tempat bernama Ruangan Ratu yang diperkirakan tempat menyimpan mumi sang ratu. Namun mumi sang ratu tidak ditemukan.



0 komentar:

Posting Komentar