Recent Posts

Sabtu, 08 Oktober 2011

Villers Bocage, 13 June 1944 - Duel Tank Tiger Dengan Tank Cromwell

Duel Tak Seimbang Dengan Pat Dyas

Tank Tiger yang dikomandoi Wittmann bergerak hati-hati menuju pusat kota, melewati jalan tempat Tank Cromwell dengan komandan Kapten Dyas yang sedang mengintai. Tak lama setelah melihat panzer Jerman Wittman melewati Rue Georges Clémenceau (sekarang bernama Rue Pasteur), Dyas kemudian bergerak mengikutinya. Hal ini disaksikan oleh Letnan John L. Cloudsley-Thompson, komandan tank komando yang merupakan salah satu dari tiga tank Cromwell yang dihancurkan oleh tank Tiger Wittmann sesaat sebelumnya. Cloudsley-Thompson dengan rasa khawatir menyaksikan Dyas dengan perlahan membuntuti tank Tiger Wittmann di jalan itu.

Sesaat kemudian, tank Tiger Wittmann bertemu dengan tank Sherman Firefly milik Sqn 'B', dikomandoi oleh Sersan Stan Lockwood yang telah berbelok menuju Rue Georges Clémenceau dari Place Jeanne d'Arc. Setelah menerima tembakan ringan dari meriam 17-pdr milik Lockwood Firefly, Wittmann kemudian setengah berbelok menuju tembok di pinggir jalan, menyebabkan puing-puing reruntuhan jatuh pada kendaraan Inggris itu.

Di tengah kekacauan ini, Kapten Dyas, yang sampai saat itu dengan tank Cromwell-nya terus mengikuti tank Tiger Wittmann  pada jarak yang aman, segera menggunakan kesempatan untuk menghancurkan musuh yang jauh lebih besar. Di sinilah awal duel tak seimbang antara Tiger dengan Cromwell. Dyas berhasil mendaratkan dua tembakan meriam 75mm kepada tank Jerman itu. Tapi bukannya berhasil menghancurkan musuh, ia melihat kedua peluru meriam tanknya terpental tanpa mampu menembus baju besi tebal milik Tiger. Dyas tidak lagi mendapatkan kesempatan lainnya, karena Wittmann sekarang menyadari bahaya di belakang tank Tigernya. Segera meriam besar milik Tiger berbalik mengarah pada tank Inggris yang kini tak berdaya di tempat terbuka. Sebuah tembakan akurat dari Woll berhasil menghancurkan tank Inggris itu dan mementalkan Dyas dari kubah tanknya. Dyas tidak terluka. Namun, penembak dan sopir tidak seberuntung dirinya.

Gambar di samping adalah bangkai tank Cromwell milik Inggris yang dihancurkan oleh Wittman di kota kecil Villers-Bocage.

0 komentar:

Posting Komentar